GOWA TALLO NEWS

GOWA TALLO NEWS

Kamis, 16 November 2023

Pertemuan Bilateral Indonesia-Kanada, Mendag Zulkifli Hasan: Targetkan Penyelesaian ICA CEPA Tahun 2024


SAN FRANSISCO, GTN – Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mengatakan, "Indonesia dan  Kanada  menyepakati  target  penyelesaian  Indonesia  Canada  Comprehensive  Economic Partnership Agreement (ICA CEPA) di akhir tahun 2024 untuk lebih meningkatkan perdagangan kedua negara. ICA-CEPA yang merupakan perjanjian dagang pertama Indonesia dengan kawasan Amerika Utara ini dapat membuka akses pasar dan rantai pasok di kawasan tersebut serta meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar Kanada." Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan pada Rabu, (15/11) di San Francisco, Amerika Serikat, saat melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Promosi Ekspor, Perdagangan Internasional dan Pembangunan Ekonomi Kanada Mary Ng.(16/11/2023).
 
“Indonesia  mendukung  komitmen  akselerasi  perundingan  ICA-CEPA  dan  menyepakati  target penyelesaian di akhir tahun 2024. Penyelesaian ICA-CEPA dapat meningkatkan perdagangan dan investasi Indonesia-Kanada,” ungkap Mendag Zulkifli Hasan.
 
Pertemuan bilateral tersebut berlangsung di sela-sela rangkaian Pertemuan Para Menteri Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (Asia Pacific Economic Cooperation Ministerial Meeting/AMM), 14—15 November 2023. Turut mendampingi Mendag Zulkifli Hasan yaitu Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan  Internasional  Kemendag  RI  Djatmiko  Bris  Witjaksono  dan  Staf  Khusus  Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional Bara K. Hasibuan.
 
Mendag Zulkifli Hasan juga menyampaikan, Indonesia akan menggelar perundingan ICA CEPA putaran ketujuhyang dijadwalkan berlangsung pada Maret 2024.Sebelumnya, perundingan ICA CEPA putaran ke-6 telah dilaksanakan pada 23—27 Oktober 2023 lalu secara virtual.
 
Pada putaran keenam  terdapat  kemajuan  signifikan  dalam  pembahasan  teks  Kepabeanan  dan  Fasilitasi Perdagangan; Jasa Telekomunikasi, dan Persaingan Usaha. Telah dilakukan diskusi awal terkait tranparansi dan kerja sama untuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN).
 
Selain itu, lanjut Mendag Zulkifli Hasan, kedua negara juga membahas mengenai ASEAN–Canada Free Trade Agreement (ACA-FTA). Menurutnya, kedua negara sepakat untuk mendorong target penyelesaian (ACA-FTA) tahun 2025.
 
Hal lain yang dibahas, lanjut Mendag Zulkifli Hasan, yaitu rencana aksesi Indonesia ke dalam Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Menurutnya, Kanada menyambut baik dan mendukung rencana Indonesia untuk menjadi anggota tetap OECD.
 
(Aldon/Ira) GTN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


POSTINGAN UNGGULAN

Tingkatkan Partisipasi Dan Kepastian Data Pilkada 2024, Rapat Pleno Terbuka DPSHP Digelar PPK - Panwas Kecamatan Tamara

KABUPATEN BEKASI, GTN - Rapat Pleno Terbuka di gelar Kecamatan Tambun Utara terkait "Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbai...